Video 'Penampakan' ASI di Bawah Mikroskop Ini Jadi Viral


Whishienadaily -  Setiap orang pasti sudah biasa jika melihat wujud ASI dalam kehidupan sehari-hari. Makanan bayi yang juga disebut cairan emas ini berwarna putih susu atau kadang warnanya agak bening. Tapi, bagaimana ya kalau ASI dilihat dari bawah mikroskop?

Inilah yang dilakukan seorang ibu bernama Jansen Howard. Ia sengaja melihat ASI di bawah mikroskop setelah sang bayi sakit. Howard mengatakan ia mendengar bahwa komposisi ASI benar-benar berubah secara konstan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan bayi.

"Seperti ketika mereka sakit, ASI jadi penuh dengan antibodi yang disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan anak," kata Howard seperti dilaporkan Huffington Post.

Video bagaimana ASI ketika diteropong di bawah mikroskop diunggah Howard di akun Facebook-nya, Jansen Howard. Dalam keterangan video, ia menulis bahwa sang ayah adalah mikroskopis darah. Melalui bantuan sang ayah, Howard tahu bagaimana setetes ASI ketika dilihat di bawah mikroskop.

"Hai teman! Ini sangat cool! Inilah cairan emas hidup yang kita sebut ASI ketika bergerak! Ayah saya adalah mikroskopis darah dan ini satu tetes ASI saya di bawah mikroskopnya. Ini luar biasa dan ini hidup untuk menyesuaikan dengan apa yang bayi saya butuhkan. Benar-benar menakjubkan!" tulis Howard dalam video berdurasi 31 detik itu.

Dalam video tersebut, terlihat komposisi ASI berupa titik-titik yang terdiri dari inti dan lapisannya yang tampak bening bergerak-gerak. Sejak diunggah pada 7 Januari lalu, video ini sudah dilihat lebih dari 1,6 juta kali. Sebanyak 14 ribu netizen pun membagikan emotikon like, love, dan gasp.

"Ini amat luar biasa dan terlihat alami," demikian bunyi salah satu dari 2.355 komentar yang mampir di video Howard. Mayoritas, netizen takjub dengan apa yang terjadi pada tetesan ASI. Sampai saat ini pun video itu sudah dibagikan lebih dari 13 ribu kali.

Dikutip dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ASI mengandung air 87,5 persen. Kemudian, kandungan nutrisi dalam ASI yakni:
1. Karbohidrat
Laktosa adalah karbohidrat utama dalam ASI dan berfungsi sebagai salah satu sumber energi untuk otak. Kadar laktosa dalam ASI hampir 2 kali lipat dibanding laktosa pada susu sapi atau susu formula.
2. Protein
Kandungan protein ASI cukup tinggi dan komposisinya berbeda dengan protein yang terdapat di susu sapi. Protein dalam ASI dan susu sapi terdiri dari protein whey dan kasein. Protein dalam ASI lebih banyak terdiri dari protein whey yang lebih mudah diserap oleh usus bayi.
3. Lemak
Kadar lemak dalam ASI lebih tinggi dibanding dengan susu sapi dan susu formula. Kadar lemak yang tinggi ini dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan otak yang cepat selama masa bayi.
4. Karnitin
Karnitin mempunyai peran membantu proses pembentukan energi yang diperlukan untuk mempertahankan metabolisme tubuh. ASI mengandung kadar karnitin yang tinggi terutama pada 3 minggu pertama menyusui.
5. Vitamin A, D, E, K, serta vitamin yang larut dalam air.
6. Mineral
Bagikan ke orang lain!!

0 Response to "Video 'Penampakan' ASI di Bawah Mikroskop Ini Jadi Viral"

Post a Comment